EnglishIndonesian

TEMU BISNIS

Business Matching Pembiayaan dan
Ekspor KKI
Seri 2
24-25 September 2021

Business Matching Pembiayaan
Jum’at, 24 September 2021

Business Matching Ekspor
Sabtu, 25 September 2021

Peserta

  1. BM Pembiayaan: 80 UMKM
  2. BM Ekspor: 173 UMKM 

Moderator : 8 orang/hari

UMKM memiliki peran strategis pada perekonomian, diantaranya kontribusi pada PDB, penyerapan tenaga kerja, dan ekspor non migas. Memperhatikan hal itu, Pemerintah melalui 18 K/L melakukan program pengembangan UMKM yang berjumlah 65,5 juta di seluruh Indonesia (Menkop UKM & BCG Consulting : 2020).
Namun demikian, pengembangan UMKM di Indonesia tidak lepas dari permasalahan, diantaranya akses pembiayaan dan pemasaran, khususnya ekspor. Dari sisi pembiayaan, banyak pelaku UMKM yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya, yang disebabkan tidak mempunyai/ tidak cukup agunan atau keterbatasan akses informasi ke perbankan dan skim pembiayaan yang cocok untuk skala usahanya. Di sisi lain, perbankan juga membutuhkan informasi tentang jenis usaha maupun komoditas yang potensial untuk dibiayai. Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan bahwa pembiayaan UMKM di Indonesia masih relatif terbatas, yaitu sebesar 30,5% UMKM terhubung ke pembiayaan perbankan dan 6,1% UMKM terhubung ke pembiayaan fintech/ Lembaga Keuangan Non Bank (LNKB).
Perihal permasalahan akses pasar UMKM, disebabkan keterbatasan informasi dan literasi UMKM pada selera pasar luar negeri. Memperhatikan hal tersebut, Bank Indonesia memfasilitasi business matching yang mempertemukan UMKM dengan Lembaga pembiayaan dan potential buyer dari luar negeri. Kebijakan program pengembangan UMKM di Bank Indonesia dilakukan berdasarkan 3 pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan pembiayaan. Business matching merupakan salah satu realisasi kebijakan pilar pembiayaan bagi UMKM.

Berdasarkan survei Harvard Business Review, 79% pelanggan mengatakan bahwa pertemuan tatap muka adalah cara paling efektif untuk menjual produk maupun ke klien baru dan 89% setuju bahwa deal business membutuhkan pertemuan tatap muka. Business matching menjadi media bertemunya UMKM dengan akses pembiayaan dan pengembangan usaha lainnya.
Peserta business matching KKI terdiri dari agregator dan importir, perbankan, fintech lending, dan Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI). UMKM yang diikutsertakan dalam business matching KKI adalah UMKM binaan BI, mitra, dan K/L (Kemenkop UKM, Kemenperin, Kemenparekraf, dan Kemendag). Melalui business matching ini, diharapkan UMKM dapat memperluas relasi bisnis dalam upaya peningkatan akses pasar, khususnya akses pasar ekspor, serta akses pembiayaan untuk peningkatan skala usahanya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendiseminasikan dan mengimplementasikan program fasilitasi akses pasar dan akses keuangan UMKM yang dilakukan Bank Indonesia sebagai upaya mendorong UMKM yang berdaya saing untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Selain itu, business matching juga memberikan edukasi kepada UMKM perihal skema pembiayaan yang tepat dan mekanisme ekspor untuk meningkatkan skala usahanya.

Kegiatan business matching mencakup (1) pra business matching , (2) one-on-one meeting, dan (2) selebrasi business matching. Rangkaian agenda business matching dilakukan secara virtual dan hybrid. Kegiatan pra business matching merupakan edukasi dari lembaga pembiayaan bank maupun non bank kepada UMKM. Pelaksanaan one-on-one meeting dilakukan untuk UMKM terpilih (UMKM binaan BI, mitra, dan K/L lainnya) dengan lembaga pembiayaan maupun potential buyer. Kegiatan selebrasi merupakan pemutaran video penandatanganan kesepakatan ekspor dan pembiayaan, diberikan kepada UMKM yang telah berhasil memperoleh pembiayaan maupun melakukan ekspor.

Copyright ©2021 | Karya Kreatif Indonesia | All Rights Reserved

Duo Mitra Raya (Happytaste)

Produk: Makanan Minunan

Kopi Giri Alam

Produk: Kopi kintamani

Rumah Bawang Songan

Produk: Kripik dan Bawang Goreng Olahan Bawang Merah

Kopi Kojal

Produk: Kopi Liberica Kayong

Meiga Collection

Produk: Tas dan sepatu

Registrasi
Pendamping

Pancaniti Keramik

Produk: Kerajinan

#MODERNJABAR

Registrasi
Pendamping

Registrasi
Pendamping

Kantor Perwakilan BI Aceh, Jl. Cut Meutia No.15 Banda Aceh

Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe

Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Silangit

Kantor Perwakilan BI Sibolga, Jl. Ade Irma Suryani Nasution No.8, Kota Sibolga

Gedung Tourism Information Centre (TIC) Pematangsiantar

Kantor Perwakilan BI Sumbar

Mall SKA, Jl. Soekarno-Hatta No.114

Galeri Dekranasda Kota Batam

Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Jl. Kol. Abunjani No. 66 Sipin, Kota Jambi

Kriya Sriwijaya Palembang, Lorok Pakjo, Ilir Barat 1, Palembang

Transmart Babel/Kantor Pemda/KoperBI

Hall Hotel Mercure Bengkulu, Jl. S.Parman no. 27, Kota Bengkulu

Kantor Perwakilan BI Lampung

Kantor Perwakilan BI Banten Jl. Raya Pandeglang KM. 7 PALIMA, Serang, Banten

Hotel Savoy Homann

Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Jl. Sutisna Senjaya No.19 Tasikmalaya

Gallery UMKM KPwBI Cirebon, Lt 2 Jl. Yos Sudarso No. 5-7, Cirebon

Lobi Bank Jateng/Kantor BI

Lapangan Tenis, Komplek Rumah Dinas Bank Indonesia Purwokerto, Jl. Ahmad Yani No. 30F

Griya Krida Lumaksa, KPwBI Solo

Hotel Primebiz Tegal Jl Mayjend Sutoyo No 25 Kota Tegal

Gedung Heritage Bank Indonesia DIY, Jl. Panembahan Senopati No.4-6, Yogyakarta

De Javasche Bank (DJB)

Kantor Perwakilan BI Jember Jl. Gajah Mada 224 Jember

Hotel Santika Premiere Malang Jl. Letjen Sutoyo No. 79 Malang

Kantor Perwakilan BI Kediri Jl. Brawijaya No.2, Kota Kediri

Kantor Perwakilan BI Kalbar

Hotel Swissbel Danum Palangka Raya

Duta Mall Banjarmasin

Hotel Mercure Samarinda, Jl. Mulawarman No.171, Pelabuhan

Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Jl Jendral Sudirman No 20, Balikpapan

Pantai Kuta Mandalika dan Lombok Epicentrum Mall

Dekranasda Prov. NTT, Jl. Moch. Hatta No.42, Kota Kupang

Trans Studio Mall Makassar, Jl. H.M Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar

Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tengah

Hotel Meganita

Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tenggara

Ballroom/Ruang Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo

Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku. Jl. Pattimura No.7 Maluku

Aula KPwBI Maluku Utara, Jl Yos Sudarso No 1 Maliaro, Ternate, Maluku Utara

Mansinam Beach Hotel, Jl. Pasir Putih No.7, Kabupaten Manokwari

Hotel Swiss Bell, Jayapura

#BELIKREATIFTOBA

#ARTBALI

Registrasi
Pendamping

Registrasi
Pendamping

Eksotisme
Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu dari 2 pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang menawarkan keindahan alam dan keberagaman budaya yang sangat sulit untuk dilupakan. Banyak Mutiara rahasia yang tersimpan di Pulau ini. Jalan-jalan di Lombok akan menuntun wisatawan menikmati bukit-bukit dengan keindahan Air Terjun, wisata bahari dari pasir putih, pink, berselancar, berjemur,  hingga berenang dan menyelam.

Dilihat dari Budaya, Lombok juga merupakan rumah bagi Budaya Sasak yang merupakan suku penduduk Lombok di desa tradisional Sade dan Ende. Wisatawan akan menjumpai rumah adat suku Sasak, kain songket, dan menikmati tarian serta musik Gendang Beleq.

Keberagaman kebudayaan di Lombok juga terdapat dalam kuliner khas yang memanjakan lidah, separti ayam taliwang, sate rembiga (baca rembige), dan kopi Lombok layak untuk dicoba. Dan tak lupa kerajinan tangan tradisional di Lombok, seperti kerajinan mutiara dan kekayaan motif tenun yang merangkum sejarah dan dinamika masyarakat Lombok, seperti motif tenun subahnale, kain tenun Pringgasela, tenun Gumise, dan sebagainya.

Lombok sudah selayaknya potongan surga terdampar di bumi. Tidak ada tempat lain seperti Lombok. Rasakan sendiri seluruh warna warni keindahan alam dan budaya Lombok. Eksplorasi tiada habisnya eksotisme Lombok dan ceritakan ceritamu sendiri tentang keindahannya.

Fortuna Songket Sidemen