EnglishIndonesian

AGENDA
KARYA KREATIF INDONESIA 2021

23 SEPTEMBER 2021

08.30 - 10.00 WIB

Pembukaan Puncak
Karya Kreatif Indonesia

Baca Selengkapnya

14.00 - 16.00 WIB

Business Coaching
"Bijak Bertransaksi Digital"

Baca Selengkapnya

24 SEPTEMBER 2021

08.30 - 09.00 WIB

Policy Dialogue
Pembiayaan UMKM

Baca Selengkapnya

09.00 - 11.00 WIB

Business Coaching
UMKM Digital Sukses Raih Pasar Berkat Go Digital

Baca Selengkapnya

14.00 - 16.00 WIB

Talk Show Digiku: Mitra Digital UMKM Indonesia

Baca Selengkapnya

16.00 - 17.00 WIB

Webinar UMKM Bangkit melalui Kreasi dan Diversifikasi Produk

Baca Selengkapnya

25 SEPTEMBER 2021

08.30 -09.00 WIB

Policy Dialogue
UMKM Ekspor Potensi dan Tantangan Ekspor Daerah

Baca Selengkapnya

09.00 - 11.00 WIB

Webinar UMKM Go Ekspor
Cara Praktis Tembus Pasar Global

Baca Selengkapnya

14.00 - 15.30 WIB

Business Coaching
UMKM Ekspor Edukasi Strategi Ekspor UMKM

Baca Selengkapnya

16.00 - 17.00 WIB

Webinar UMKM Bangkit melalui Kreasi dan Diversifikasi Produk

Baca Selengkapnya

26 SEPTEMBER 2021

12.30 - 15.00 WIB

Penutupan Puncak
Karya Kreatif Indonesia

Baca Selengkapnya

23 SEPTEMBER 2021
08.30 - 10.00 WIB

Pembukaan Puncak 
Karya Kreatif Indonesia 

  • Video testimoni apresiasi menteri
  • Welcome remarks oleh Bapak Gubernur BI
  • Opening remarks / Pernyataan peresmian oleh Ibu Negara RI
  • Dialog Ibu Negara dengan UMKM
  • Pagelaran Karya Kreatif (kombinasi short movie UMKM)

23 SEPTEMBER 2021
14.00 - 16.00 WIB

Business Coaching
“Bijak Bertransaksi Digital”

Globalisasi dan pesatnya inovasi teknologi informasi dan finansial telah menciptakan sistem keuangan yang kompleks, dinamis dan saling terkoneksi. E-Commerce dimanfaatkan untuk memperoleh akses pasar yang lebih luas dan berpeluang menggaet pelanggan baru. Hal tersebut didukung dengan metode pembayaran elektronik yang semakin digemari dan menjadi kebiasaan karena mudah dan cepat. Selain itu, keberadaan Fintech juga mampu memudahkan konsumen Indonesia dalam melakukan belanja secara online serta modal bagi UMKM.

Di sisi lain, perkembangan inovasi tersebut dapat menimbulkan risiko. Dengan latar belakang tersebut, hal ini perlu disikapi melalui kerjasama yang harmonis dan sinergis antar otoritas yang memiliki komitmen terhadap perlindungan konsumen serta edukasi kepada masyarakat. Oleh karena itu Bank Indonesia menyelenggarakan webinar/talkshow bertema “Bijak Bertransaksi Digital”

Moderator : Clara Antawidjaja
Narasumber :

  • Elsya MS. Chani – Kepala Grup Perlindungan Konsumen, Bank Indonesia
  • Milikta Sembiring – Plt. Direktur Tata kelola Aplikasi Informatika, KOMINFO
  • Agus Fajri Zam – Kepala Departemen Perlindungan Konsumen, OJK

24 SEPTEMBER 2021
08.30 - 09.00 WIB

Policy Dialogue 
Pembiayaan UMKM

Akses pembiayaan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM di Indonesia. Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan bahwa pembiayaan UMKM di Indonesia masih relatif terbatas, yaitu sebesar 30,5% UMKM terhubung ke pembiayaan perbankan dan 6,1% UMKM terhubung ke pembiayaan fintech/Lembaga Keuangan Non Bank (LNKB). Hal ini terutama disebabkan oleh tidak adanya agunan, dokumen formal, dan asymmetric information. Survei Bank Indonesia dan Kemenkop UKM perihal dampak pandemi COVID-19 terhadap UMKM, menunjukkan bahwa kesulitan modal/pembiayaan menjadi dampak terbesar ke-2 yang dihadapi UMKM setelah penurunan penjualan.

Memperhatikan peran strategis UMKM pada perekonomian, diantaranya kontribusi pada PDB, penyerapan tenaga kerja, dan ekspor non migas, maka Pemerintah melalui 18 K/L melakukan program pengembangan UMKM yang berjumlah 65,5 juta di seluruh Indonesia (Menkop UKM & BCG Consulting : 2020).

Kebijakan program pengembangan UMKM di Bank Indonesia dilakukan berdasarkan 3 pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan pembiayaan. Pilar kebijakan pembiayaan UMKM dilakukan Bank Indonesia melalui kegiatan pelatihan pencatatan keuangan, penyediaan informasi, dan fasilitasi UMKM untuk dapat terhubung ke lembaga pembiayaan, baik bank maupun LKNB, diantaranya melalui business matching. Akses pembiayaan kepada UMKM disesuaikan dengan klasifikasi UMKM, misal kelompok subsistence melalui social funding/ziswaf, kelompok mikro melalui kredit/pembiayaan bersubsidi, sedangkan kelompok kecil dan menengah melalui kredit/pembiayaan komersial.

Upaya meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM dari sisi UMKM agar bankable, perlu dibarengi dengan peningkatan alternatif pembiayaan kepada UMKM yang sesuai dengan klasifikasinya. Selama ini, pembiayaan kepada UMKM mayoritas berasal dari Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sehubungan hal itu, perlu sinergi antar K/L termasuk Bank Indonesia dan Kemenkop UKM untuk mendorong akses pembiayaan kepada UMKM, baik dari sisi pembinaan UMKM maupun alternatif pembiayaan yang dapat diakses UMKM dimaksud.

Sinergi dimaksud salah satunya diwujudkan dalam acara Dialog Pembiayaan UMKM yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian Karya Kreatif Indonesia (KKI) September 2021. Dialog yang akan dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bapak Doni P. Joewono, dan Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM, Bapak Hanung Harimba Rachman sebagai narasumber, bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan literasi UMKM dan masyarakat terhadap program pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Kemenkop UKM, khususnya terkait fasilitasi akses pembiayaan UMKM.
  2. Memberikan informasi alternatif pembiayaan yang dapat diakses UMKM, baik yang berasal dari perbankan maupun LKNB

 

Moderator          : Shafira Umm

Narasumber       :

  • Doni P. Joewono – Deputi Gubernur Bank Indonesia
  • Hanung Harimba Rachman – Deputi bidang UKM Kemenkop UKM

24 SEPTEMBER 2021
09.00 - 11.00 WIB

Business Coaching
UMKM Digital Sukses Raih Pasar Berkat Go Digital

Pesatnya perkembangan teknologi digital menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan kinerja usaha dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional. UMKM dapat memanfaatkan momentum ini untuk bertahan di era pandemi, dan berkembang menjadi sumber kekuatan baru perekonomian Indonesia. Untuk itu, Bank Indonesia mendorong UMKM untuk dapat go digital sebagai bagian dari program peningkatan kapasitas UMKM.

Kegiatan webinar UMKM go digital dalam rangkaian kegiatan KKI September 2021 bertujuan menginspirasi dan memotivasi UMKM agar memanfaatkan berbagai media pemasaran digital untuk meningkatkan kinerja usaha, melalui knowledge sharing dari para pakar dalam digital marketing dan UMKM sukses digital, serta untuk meningkatkan pemahaman mengenai manfaat QRIS dalam transaksi sistem pembayaran bagi UMKM.


Moderator
: Bunga Harum Dani
Narasumber :

  • Suryadin Laoddang – Digital Marketer Founder Dosen Jualan
  • Roy Wibisono – Founder & CEO Naruna Ceramic (UMKM Sukses Digital)
  • Ronggo Gundala Yudha – Ekonom Senior Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Bank Indonesia

24 SEPTEMBER 2021
14.00 - 16.00 WIB

Talk Show Digiku: Mitra Digital UMKM Indonesia

 

Untuk mendukung pencapaian target pangsa kredit UMKM menjadi 30% pada 2024, serta dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan usaha UMKM, Pemerintah merangkul HIMBARA serta perusahaan e-commerce untuk saling bekerja sama dalam mendukung UMKM yang berbisnis melalui e-ommerce. Program Digital Kredit UMKM (DigiKU) merupakan layanan kredit secara digital bagi pelaku UMKM yang merupakan sinergi Himbara dan e-commerce dan merupakan komitmen Pemerintah mendorong UMKM agar memasuki ekosistem digital, serta utk mendukung pencapaian porsi kredit UMKM 30% pada 2024.

Bank Indonesia, melalui Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen (DUPK) berkomitmen untuk mendukung Pemerintah mencapai target pangsa kredit UMKM, salah satunya turut berkontribusi dalam program DigiKU, a.l. (i) DUPK telah berkoordinasi dengan DKMP, DKSP, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Himbara dan idEA dalam penentuan target penyaluran kredit DigiKU hingga 2024. (ii) Bank Indonesia (DUPK) akan mengintegrasikan sosialisasi DigiKU pada program onboarding UMKM, serta bersinergi dengan Himbara untuk penyusunan materi sosialisasi. Percepatan integrasi Open API pembiayaan terus dilakukan untuk percepatan implementasi DigiKU.

Dalam rangka terus mendorong sosialisasi DigiKU kepada seluruh masyarakat, terutama kepada UMKM, Bank Indonesia akan melaksanakan Talk Show DigiKU yang merupakan salah satu kegiatan pada rangkaian Karya Kreatif Indonesia bulan September 2021.

Moderator : Clara Antawidjaja
Narasumber :

  • Odo Manuhutu – Deputi Bidang Koordinasi dan Ekonomi Kreatif -(Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi)
  • Amam Sukriyanto – Director Of Small and Medium Business – (Bank Rakyat Indonesia)
  • Bima Laga – Chairman idEA

24 & 25 SEPTEMBER 2021
16.00 - 17.00 WIB

Webinar UMKM Bangkit melalui Kreasi dan Diversifikasi Produk

Kain tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi, ciri khas, serta filofosi tinggi dalam setiap motif. Kini, kain tradisional tidak hanya sebatas warisan budaya, tapi turut serta menjadi sumber penghidupan ekonomi daerah yang menciptakan lapangan pekerjaan dan memiliki dampak langsung terhadap penghasilan masyarakat. Sampai saat ini masih banyak UMKM yang belum dapat berkembang dengan baik. 

Permasalahan yang sering dihadapi oleh UMKM yaitu kurangnya kemampuan melakukan invoasi, penggunaan alat tradisional, kurangnya pengetahuan diversifikasi produk, manajemen dan kelembagaan yang belum tertata serta akses pasar yang tidak menentu. Di sisi lain, kondisi dan lingkungan sekitar juga mempengaruhi UMKM dalam berkembang. Seperti saat ini, pandemi COVID-19 terus mengancam keberlanjutan UMKM.
Permasalahan tersebut mengharuskan UMKM kain tradisional agar dapat terus berinovasi agar dapat bertahan dan tetap berkembang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong pengembangan UMKM kain tradisional adalah melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan praktik pembuatan diversifikasi produk. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada UMKM khususnya UMKM produk kain, menciptakan kreasi penggunaan/pemakaian produk kain dan meningkatkan nilai tambah produk UMKM, sehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha UMKM.

Melalui kegiatan webinar ini, UMKM diharapkan dapat memiliki pemahaman mengenai pengetahuan bisnis, tren pasar dan tren fashion baik pasar dalam negeri maupun luar negeri, memiliki pengetahuan lebih mengenai diversifikasi produk kain, dan ide kreasi penggunaan atau pemakaian produk kain.

Moderator : Daniar Achri
Narasumber :

  • Oscar Lawalata – Perancang Busana, Creative Director of Oscar Lawalata
  • Roland Adam – Design Interior

25 SEPTEMBER 2021
08.30 -09.00 WIB

Policy Dialogue
UMKM Ekspor Potensi dan Tantangan Ekspor Daerah

Bank Indonesia menyusun kebijakan pengembangan UMKM dalam rangka mendukung pencapaian tugas utama menjaga kestabilan nilai rupiah. Pelaksanaan kebijakan tersebut dilakukan melalui program pengembangan UMKM bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia, serta bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Asosiasi, dan stakeholders terkait lainnya. Kerjasama tersebut menjadi prasyarat utama bagi tercipatanya UMKM unggulan yang mampu mendukung ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi, digitalisasi, meningkatkan kinerja ekspor UMKM dan pariwisata.

Dalam perjalanannya, implementasi kebijakan dan program pengembangan UMKM di daerah tentu menghadapi tantangan yang bervariasi. Tantangan tersebut diperberat dengan adanya Pandemi COVID-19 yang menyebabkan disrupsi pada kinerja UMKM secara umum. Oleh karena itu sinergi dalam implementasi menjadi sangat penting, mengingat pengembangan UMKM tidak cukup dilakukan oleh pemerintah pusat namun juga perlu dukungan langsung dari stakeholders serta pemerintah daerah khususnya dalam mendorong peningkatan kapasitas dan kapabilitas ekspor UMKM ditengah peluang membaiknya trend ekonomi Global pasca Pandemi.

Melalui Policy Dialogue ini, diharapkan pemangku kepentingan dan UMKM dapat memperoleh informasi mengenai kebijakan dan strategi pengembangan UMKM / IKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mendapatkan inspirasi terkait upaya untuk mengoptimalkan potensi dan mengatasi tantangan bagi UMKM yang berada di Daerah untuk dapat memasuki pasar ekspor, serta mendorong terjadinya sinergi yang lebih baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor oleh UKM / IKM di Indonesia.

Moderator          : Imam Priyono

Narasumber       :

  • Rosmaya Hadi (Deputi Gubernur Bank Indonesia)
  • Reni Yanita (Plt. Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Republik Indonesia)

25 SEPTEMBER 2021
09.00 - 11.00 WIB

Webinar UMKM Go Ekspor
Cara Praktis Tembus Pasar Global

UMKM memiliki peran strategis terhadap perekonomian Indonesia, tercermin dari jumlah unit usaha dan tingkat serapan tenaga kerja. Namun dari sisi kontribusi ekspor, kontribusi UMKM nasional masih lebih rendah dibandingkan negara peers. Pandemi COVID-19 dan pesatnya perkembangan teknologi digital menjadi game changer dalam aktivitas perekonomian dunia. Peluang dan tantangan muncul seiring dengan terbukanya akses pasar luar negeri dan transaksi cross border yang lebih luas.

Untuk mendukung terciptanya momentum kebangkitan UMKM di era pandemi, Bank Indonesia mendorong UMKM orientasi ekspor untuk menguasai pasar melalui digitalisasi. Go Digital dan Go Global adalah kunci bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang menjadi sumber kekuatan baru perekonomian nasional.

Kegiatan webinar UMKM go export dalam rangkaian KKI September 2021 bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi UMKM untuk go global dengan memanfaatkan media pemasaran digital maupun agregator, melalui knowledge sharing dari e-commerce, agregator ekspor, dan UMKM sukses ekspor.

Moderator : Bunga Harum Dani
Narasumber :

  • Radityo Trihatmojo – Head Of Public Policy and Goverment Relations,
    Shoope Indonesia
  • Sripeni Puspasari – Founder Netasia Singapore
  • Uda Irman – CEO Pollenzo ( Shopee Export Seller)

25 SEPTEMBER 2021
14.00 - 15.30 WIB

Business Coaching
UMKM Ekspor Edukasi Strategi Ekspor UMKM

Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekspor Nasional baru mencapai 14%. Nilai tersebut belum cukup tinggi terutama apabila dibandingkan dengan jumlah UMKM di Indonesia yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha di Indonesia. Dimasa pandemi tantangan para pelaku UMKM untuk masuk ke pasar ekspor semakin besar karena UMKM juga perlu berupaya untuk mempertahankan usahanya agar terus berjalan. Dan dampak tersebut dirasakan tidak hanya dalam lingkup Nasional, namun juga secara Global sehingga perlambatan ekonomi dan usaha juga dialami oleh pelaku usaha di seluruh dunia. Namun demikian pandemi juga memberikan peluang bagi UMKM untuk lebih agile agar dapat beradaptasi mengikuti pola usaha yang baru, memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam pemasaran, dan memberikan nilai tambah untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Oleh karena itu para pelaku UMKM berorientasi ekspor harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkan eksistensinya dalam perdagangan Internasional diantaranya dengan memberikan nilai tambah baik dari sisi usaha maupun dari kualitas produknya, karena hal ini sangat membantu dalam meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar internasional.

Melalui kegiatan Business Coaching ini, diharapkan UMKM dapat memiliki pemahaman terkait strategi pengembangan usaha berorientasi ekspor, serta mendapatkan solusi atas kendala yang dihadapi dalam upaya menembus pasar ekspor. 

Harapannya, UMKM dapat mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai strategi pengembangan usaha berorientasi ekspor, prosedur ekspor yang benar, proses logistik ekspor, gambaran perizinan dan sertifikasi yang diperlukan untuk ekspor, serta dukungan pembiayaan khusus usaha ekspor.

Moderator : Julio Halim
Narasumber :

  • Haryono Hadi Prasetyo (Kepala Balai Besar PPEI) dan
  • Nur Hidayat (Praktisi Ekspor dan Fasilitator PPEI)
  • Ridha Farid Lesmana (Kepala Divisi Penugasan Khusus Ekspor LPEI)

26 SEPTEMBER 2021
13.00 - 15.00 WIB

Registrasi
Business Coaching
Bijak Bertransaksi Digital

Duo Mitra Raya (Happytaste)

Produk: Makanan Minunan

Kopi Giri Alam

Produk: Kopi kintamani

Rumah Bawang Songan

Produk: Kripik dan Bawang Goreng Olahan Bawang Merah

Kopi Kojal

Produk: Kopi Liberica Kayong

Meiga Collection

Produk: Tas dan sepatu

Registrasi
Pendamping

Pancaniti Keramik

Produk: Kerajinan

#MODERNJABAR

Registrasi
Pendamping

Registrasi
Pendamping

Kantor Perwakilan BI Aceh, Jl. Cut Meutia No.15 Banda Aceh

Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe

Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Silangit

Kantor Perwakilan BI Sibolga, Jl. Ade Irma Suryani Nasution No.8, Kota Sibolga

Gedung Tourism Information Centre (TIC) Pematangsiantar

Kantor Perwakilan BI Sumbar

Mall SKA, Jl. Soekarno-Hatta No.114

Galeri Dekranasda Kota Batam

Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Jl. Kol. Abunjani No. 66 Sipin, Kota Jambi

Kriya Sriwijaya Palembang, Lorok Pakjo, Ilir Barat 1, Palembang

Transmart Babel/Kantor Pemda/KoperBI

Hall Hotel Mercure Bengkulu, Jl. S.Parman no. 27, Kota Bengkulu

Kantor Perwakilan BI Lampung

Kantor Perwakilan BI Banten Jl. Raya Pandeglang KM. 7 PALIMA, Serang, Banten

Hotel Savoy Homann

Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Jl. Sutisna Senjaya No.19 Tasikmalaya

Gallery UMKM KPwBI Cirebon, Lt 2 Jl. Yos Sudarso No. 5-7, Cirebon

Lobi Bank Jateng/Kantor BI

Lapangan Tenis, Komplek Rumah Dinas Bank Indonesia Purwokerto, Jl. Ahmad Yani No. 30F

Griya Krida Lumaksa, KPwBI Solo

Hotel Primebiz Tegal Jl Mayjend Sutoyo No 25 Kota Tegal

Gedung Heritage Bank Indonesia DIY, Jl. Panembahan Senopati No.4-6, Yogyakarta

De Javasche Bank (DJB)

Kantor Perwakilan BI Jember Jl. Gajah Mada 224 Jember

Hotel Santika Premiere Malang Jl. Letjen Sutoyo No. 79 Malang

Kantor Perwakilan BI Kediri Jl. Brawijaya No.2, Kota Kediri

Kantor Perwakilan BI Kalbar

Hotel Swissbel Danum Palangka Raya

Duta Mall Banjarmasin

Hotel Mercure Samarinda, Jl. Mulawarman No.171, Pelabuhan

Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Jl Jendral Sudirman No 20, Balikpapan

Pantai Kuta Mandalika dan Lombok Epicentrum Mall

Dekranasda Prov. NTT, Jl. Moch. Hatta No.42, Kota Kupang

Trans Studio Mall Makassar, Jl. H.M Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar

Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tengah

Hotel Meganita

Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tenggara

Ballroom/Ruang Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo

Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku. Jl. Pattimura No.7 Maluku

Aula KPwBI Maluku Utara, Jl Yos Sudarso No 1 Maliaro, Ternate, Maluku Utara

Mansinam Beach Hotel, Jl. Pasir Putih No.7, Kabupaten Manokwari

Hotel Swiss Bell, Jayapura

#BELIKREATIFTOBA

#ARTBALI

Registrasi
Pendamping