Pengembangan UMKM Bank Indonesia

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Oleh karena itu, Bank Indonesia turut berperan aktif dalam pengembangan UMKM untuk mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif untuk mendukung kebijakan utama Bank Indonesia. Pengembangan UMKM tersebut senantiasa mengedepankan semangat sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga, Asosiasi, dan Industri. 

Sebagai bentuk selebrasi keberhasilan pengembangan UMKM, Bank Indonesia menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang terdiri dari pameran produk unggulan UMKM dan berbagai kegiatan aktivasi, sejak tahun 2016. Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Indonesia didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi, meningkatkan kualitas produk sesuai selera pasar, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital agar dapat memperluas akses pasar internasional. 

KKI memilki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara stakeholders dan UMKM Indonesia, serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas. Penyelenggaraan KKI juga mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl) serta mendukung ASEAN 2023. 

UMKM Indonesia harus bangkit dengan semangat kebaruan dan inovasi untuk menyambut peluang baru dalam rangka merealisasikan peran UMKM yang semakin signifikan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Mari, bersama kita dukung “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia” dengan hadir di perhelatan Karya Kreatif Indonesia 2023.