Tentang KKI

Mendukung Gerakan Nasional
Bangga Buatan Indonesia dan
Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja

PENGEMBANGAN

UMKM BANK INDONESIA

Pengembangan UMKM oleh Bank Indonesia dilakukan untuk mendukung fungsi, tugas, dan kewenangan Bank Indonesia di bidang kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Untuk mendorong UMKM sebagai sumber pertumbuhan, Bank Indonesia menyusun Strategi Nasional (Stranas) Pengembangan UMKM yang menekankan pada 3 pilar kebijakan yakni Korporatisasi, Kapasitas dan Pembiayaan, yang diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia selama ini.

Untuk lebih menginklusifkan ekonomi dan keuangan di Indonesia dan melengkapi Stranas Pengembangan UMKM, Bank Indonesia juga menyusun Strategi Nasional Ekonomi dan Keuangan Inklusif (SNEKI). SNEKI terdiri atas 3 pilar kebijakan yaitu pemberdayaan ekonomi, perluasan dan akses literasi, serta harmonisasi kebijakan. Stranas Pengembangan UMKM dan SNEKI diharapkan dapat mengarahkan perekonomian nasional menjadi lebih inklusif dengan melibatkan kelompok subsistence (Masyarakat Berpenghasilan Rendah, masyarakat lintas kelompok, kelompok rentan) dan UMKM, untuk lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekonomi produktif.

Tema pengembangan UMKM Unggulan dilakukan untuk mendukung industri kreatif, kegiatan ekspor, dan pemberdayaan perempuan. Pengembangan UMKM Unggulan difokuskan pada komoditas orientasi ekspor dan pendukung pariwisata seperti kain, kerajinan, kopi dan makanan minuman olahan. Produk kreatif berbasis kain tradisional yang merupakan kekayaan budaya daerah sangat lekat dengan pemberdayaan perempuan, memiliki potensi peningkatan nilai tambah tinggi, dan berpotensi ekspor dengan kekhususan value dan keunikan produk karena mengandung nilai budaya, dan unsur heritage, yang dibuat secara hand-made.

Pembinaan UMKM

diarahkan untuk meningkatkan potensi lokal, mengedepankan proses penciptaan nilai tambah, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Aspek Produksi

melalui kegiatan kurasi produk kreatif UMKM binaan Bank Indonesia oleh kurator internasional, sehingga desain produk lebih variatif mengikuti tren dunia, diminati pasar dunia dan bernilai jual tinggi.

Aspek Pemasaran

fasilitasi perluasan akses pasar melalui kegiatan pameran di dalam dan luar negeri yang dilakukan secara rutin atau sinergi dengan Kementerian/Lembaga.

Aspek Permodalan dan Pengelolaan Keuangan

melalui pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan.

Aspek Kewirausahaan dan Peningkatan Kapasitas

fasilitasi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas wirausaha Bank Indonesia khususnya dalam rangka akses pasar ekspor.

Fokus dan Tujuan Pelaksanaan Pameran

Hal yang berbeda pada tahun 2021 adalah penyelenggaraan KKI 2021 dilakukan sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (Gernas BWI). Sejalan dengan misi yang dibawa KKI untuk meningkatkan kapasitas dan akses pasar UMKM, Gernas BBI dan Gernas BWI merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan semangat bangga produk lokal, bangga berwisata di Indonesia dan akselerasi trasnformasi digital UMKM.

Meski masih dalam kondisi pandemi KKI 2021 diupayakan tetap dapat menjadi media dalam mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional.  KKI 2021 dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara virtual dan offline di 46 wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri. Tema utama KKI 2021 adalah Mendorong UMKM dan Sektor Pariwisata sebagai Kekuatan Utama Menuju Indonesia Maju melalui Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi.

KKI dilaksanakan dengan tujuan:

  • Mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM
  • Memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dengan mengenalkan produk UMKM berbasis kain tradisional dan kerajinan kepada calon pembeli (marketplace) yaitu masyarakat umum dan pihak-pihak yang terhubung dengan pasar ekspor
  • Sebagai katalisator bagi pelaku usaha Industri Kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah melalui ekstensifikasi produk kain menjadi pakaian jadi bernilai jual tinggi.
  • Mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional melalui akselerasi transformasi digital UMKM.

Copyright ©2021 | Karya Kreatif Indonesia | All Rights Reserved

Registrasi
Pendamping

Rumah Bawang Songan

Produk: Kripik dan Bawang Goreng Olahan Bawang Merah

Bara Silver

Produk: Kerajinan Perak, Steenless, Tembaga, Alpaka Khas Bali

Registrasi
Pendamping

Klaster Giri Alam

Produk: Kopi Arabika

Kopi Kojal

Produk: Kopi Liberica Kayong

Eksotisme
Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu dari 2 pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang menawarkan keindahan alam dan keberagaman budaya yang sangat sulit untuk dilupakan. Banyak Mutiara rahasia yang tersimpan di Pulau ini. Jalan-jalan di Lombok akan menuntun wisatawan menikmati bukit-bukit dengan keindahan Air Terjun, wisata bahari dari pasir putih, pink, berselancar, berjemur,  hingga berenang dan menyelam.

Dilihat dari Budaya, Lombok juga merupakan rumah bagi Budaya Sasak yang merupakan suku penduduk Lombok di desa tradisional Sade dan Ende. Wisatawan akan menjumpai rumah adat suku Sasak, kain songket, dan menikmati tarian serta musik Gendang Beleq.

Keberagaman kebudayaan di Lombok juga terdapat dalam kuliner khas yang memanjakan lidah, separti ayam taliwang, sate rembiga (baca rembige), dan kopi Lombok layak untuk dicoba. Dan tak lupa kerajinan tangan tradisional di Lombok, seperti kerajinan mutiara dan kekayaan motif tenun yang merangkum sejarah dan dinamika masyarakat Lombok, seperti motif tenun subahnale, kain tenun Pringgasela, tenun Gumise, dan sebagainya.

Lombok sudah selayaknya potongan surga terdampar di bumi. Tidak ada tempat lain seperti Lombok. Rasakan sendiri seluruh warna warni keindahan alam dan budaya Lombok. Eksplorasi tiada habisnya eksotisme Lombok dan ceritakan ceritamu sendiri tentang keindahannya.

Ratna Tenun Songket Sumbawa

Produk: Kain Songket

Cepuk Rang-Rang Nusa Karang

Produk: Kain Rang-Rang Warna Alam